• 05 October 2022 06:12:03

KUA WAY BUNGUR TERIMA KUNJUNGAN TECHNICAL ASSISTANT BKKBN PROVINSI LAMPUNG; KOMITMEN BERSAMA TURUNKAN STUNTING


Way Bungur (Humas KUA) – ­Technical Assistant Satuan Tugas Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Lampung, Heri Wahyono, didampingi Umi Khoiriyah, PLKB Kecamatan Way Bungur, bersilaturahmi ke KUA Way Bungur guna melakukan sinergisitas dan kolaborasi dalam implementasi Elsimil, yakni aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil yang digagas oleh BKKBN RI. Rabu (21/09/2022).

Pada prolognya Heri menuturkan, bahwa Aplikasi Elsimil sendiri merupakan program dari BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN. Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang mau berumah tangga. 

“Maka kami sangat berharap bantuan dan kerjasama dari KUA Way Bungur untuk memberikan edukasi lanjutan kepada orang tua yang anaknya akan menikah dan juga kepada para catin untuk melapor sedini mungkin kepada pamong desa ketika ada kehendakakan menikah, agar diarahkan untuk mendowload Aplikasi Elsimil dan selalu didampingi oleh pendamping KB Desa yang berjumlah 72 orang sekecamatan Way Bungur.” Harap Heri.

Gayung pun bersambut, harapan tersebut direspon dengan baik oleh Solihin Panji, Kepala KUA Way Bungur, ia siap  mendukung aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil (Elsimil) ini dengan memberikan edukasi sedini mungkin kepada catin, baik pada suscatin maupun pada pertemuan formalinformallainnya. Karena sejatinya hubungan komunikasi yang baik telah terjalin lama antara PLKB dan KUA di Way Bungur.

“Kami sangat mendukung program Elsimil ini, disamping sudah ada MoU antara dua Kementerian di tingkat pusat, juga karena hal ini sejalan dengan program kami di KUA yang disebut Program “KUWABEH PENTING” yaitu ‘KUA Way Bungur Beri Edukasi Hal Penurunan Pencegahan Stunting’. Tegas Solihin.

Kita punya komitmen yang sama, yakni Peduli Pencegahan Stunting, dan kita mendukung BKKBN yang mempunyai program bagus, tiga bulan sebelum mereka (pasangan) menikah diperiksa, wabil khusus calon pengantin putri,” kata Panji, panggilan akrab Ka KUA ini.

Umi Khoiriyah, PLKB Way Bungur menambahkan bahwa pemeriksaan dalam program ini mencakup kadar Hemoglobin, lingkar lengan hingga tinggi badan serta kesehatan secara menyeluruh dari calon pengantin (catin) putri.

Sementara untuk catin putra, pemeriksaan melingkupi beberapa aspek kesehatan, salah satu yang jadi fokus adalah kebiasaan merokok.

“Yang merokok, ya kalau bisa berhenti merokoknya paling tidak tiga bulan, sehingga nanti pada saat berproses (reproduksi) mereka semuanya (sehat). Insyaallah bayinya (juga) akan sehat,” ujarnya.

Silaturahmi tersebut menghasilkan kesepakatan akan dilaksanakannya loka karya atau FGD di level Kecamatan yang akan diikuti oleh lintas sektoral, sebagai penjamin komitmen dalam malakukan deteksi sejak awal pengendalian stunting yang diagendakan pelaksaannya pada awal bulan Oktober 2022.*** [SPBP]

Kantor Kementerian Agama Kebupaten Lampung Timur

Jl. Sampoerna Jaya No.05 Desa Negara Nabung Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur
Email : kablampungtimur@kemenag.go.id

Kontak Kami