Search

Optimalkan Mutu Pendidikan, Pengawas Madrasah Lampung Timur Gelar Pembinaan Penyusunan RKT Berbasis Rapor Pendidikan 2025

Optimalkan Mutu Pendidikan, Pengawas Madrasah Lampung Timur Gelar Pembinaan Penyusunan RKT Berbasis Rapor Pendidikan 2025

Lampung Timur – Pengawas Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Timur menyelenggarakan kegiatan peningkatan kemampuan profesional bagi Kepala Madrasah dalam menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT). Kegiatan ini menekankan pada Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang bersumber dari hasil Rapor Pendidikan tahun 2025.

Acara yang berlangsung mulai hari ini, Selasa, 19 November 2025, diikuti oleh para Kepala Madrasah dari tingkat RA, MI, MTs, hingga MA di lingkungan Kemenag Lampung Timur. Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama dua hari, di mana tingkat MTs dan MA dilaksanakan pada tanggal 19 November, sementara tingkat RA dan MI akan dilaksanakan pada 20 November 2025.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah secara menyeluruh, mengoptimalkan pengelolaan anggaran, serta memastikan pencapaian tujuan madrasah dalam satu tahun ke depan melalui program kerja yang terstruktur dan terukur.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Kasi Pendidikan Madrasah, Ahmad Tsauban, yang memberikan sambutan sekaligus arahan teknis. Dalam paparannya, beliau menekankan urgensi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai jantung manajerial madrasah.


Ahmad Tsauban menguraikan lima manfaat strategis penyusunan RKT yang benar, yaitu:

  • Faktor Arah dan Fokus: Sebagai kompas agar program madrasah tetap pada jalur visi dan misi.
  • Pengelolaan Sumber Daya: Menjadi dasar pengajuan anggaran, termasuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sumber pendanaan lainnya.
  • Akuntabilitas: Sebagai bentuk pertanggungjawaban publik yang transparan.
  • Peningkatan Mutu Berkelanjutan: Memastikan adanya perbaikan kualitas pendidikan yang berkesinambungan.
  • Kepatuhan Regulasi: Memenuhi standar administrasi dan regulasi pendidikan nasional.

"Dengan perencanaan berbasis data rapor pendidikan, kita berharap setiap madrasah tidak hanya sekadar menjalankan rutinitas, tetapi mampu melakukan intervensi yang tepat sasaran untuk perbaikan mutu," tegas Ahmad Tsauban di hadapan para peserta.

Diharapkan melalui pembinaan ini, para Kepala Madrasah di Lampung Timur mampu menyusun dokumen perencanaan yang lebih tajam, realistis, dan implementatif demi kemajuan pendidikan madrasah di masa depan.