• 18 April 2024 08:34:47

Penyuluh Agama Hindu Lamtim Berikan Materi Yoga Asanas


Penyuluh Agama Hindu Kabupaten Lampung Timur Dewa Putu memberikan Dharma Sadhana Yoga Asanas Kepada sisya tingkat anak-anak dan remaja bertempat di Balai Banjar pada  Sabtu (08/05/21). Kegiatan Sadhana Yoga Asana juga dihadiri tokoh masyarakat bertempat yang turut mempraktekkan gerakan-gerakan yoga.

Dewa dihadapan para siswa menjelaskan menfaat dari setiap gerakan yang dilakukan dan juga makna filosofi dari Jnana Yoga, belajar yoga memang harus melalui proses langkah demi langkah, Yoga merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap hidup dengan sehat dan bugar. Dewa juga mengajarkan teknik-teknik gerakan yoga asanas tersebut kepada sisya tingkat anak-anak dan remaja.

Dijelaskan bahwa yoga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga untuk kesehatan emosional, mental dan spiritual “akan lebih baik jika memulai dengan beberapa asana atau postur dan gerakan yang mudah sehingga Anda akan mendapatkan motivasi untuk melanjutkan rutinitas yoga,” ungkap Dewa.

Lebih lanjut Dewa menjelaskan Yoga Asana ini sederhana mirip dengan kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti berbaring, berdiri atau duduk dalam posisi yang berbeda, namun secara teratur yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan dinilai tidak hanya membawa efek sehat bagi tubuh melainkan juga bagi pikiran. Selanjutnya Dewa menjelasakan tentang filosofi Jñana Marga Yoga diantaranya yaitu melihat kemuliaan Tuhan, jalan kesempurnaan, ilmu tentang karma, ilmu tentang yadnya,ilmu kebijaksanaan dan Jñana Marga Yoga merupakan jalan yang ditempuh untuk mencapai kesempurnaan hidup dengan jalan ilmu. 

Dengan merangkum arti kata itu disimpulkan bahwa jnana Marga adalah menuju Hyang Widhi dengan langkah meningkatkan pengetahuan, baik pengetahuan secara umum maupun pengetahuan tentang ke-Tuahanan kemudian selanjutnya mengamalkan pengetahuan itu bagi kesejahteraan umat manusia dan kelesatarian alam semesta. Pengetahuan umum dan pengetahuan tentang ke-Tuhanan diperoleh dari pendidikan baik formal maupun non formal.

Maka dianjurkan untuk berlatih yoga secara teratur karena kita akan mendapat manfaat terapeutik yang besar, pengabdian kepada Tuhan dengan cara mempelajari kitab suci Weda dan memahami inti sari yang terkandung didalamnya. (wln/pj)


Kantor Kementerian Agama Kebupaten Lampung Timur

Jl. Sampoerna Jaya No.05 Desa Negara Nabung Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur
Email : kablampungtimur@kemenag.go.id

Kontak Kami