Lampung Timur, MAN IC (Humas) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Lampung Timur melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2025 pada Senin (15/12/2025). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menilai capaian kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sekaligus sebagai sarana pembinaan berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
PKKM tidak hanya berfungsi sebagai instrumen evaluasi, tetapi juga menjadi ruang refleksi strategis bagi madrasah untuk menegaskan kembali komitmen dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung secara sistematis dengan melibatkan unsur pimpinan dan tim pengembang madrasah.
Dalam paparannya, Kepala MAN IC Lampung Timur
menyampaikan Rapor Pendidikan serta capaian kinerja madrasah yang meliputi
aspek pengembangan lembaga, manajerial, dan supervisi akademik. Paparan
disampaikan secara lugas dan terstruktur, mencerminkan kesiapan tim madrasah
serta kualitas tata kelola kepemimpinan yang terimplementasi dalam berbagai
program unggulan dan prestasi madrasah.
“Rapor pendidikan menjadi cermin bagi kami untuk terus melakukan refleksi dan perbaikan berkelanjutan, terutama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan layanan pendidikan kepada peserta didik,” ujar Kepala MAN IC Lampung Timur.
Ia juga menegaskan pentingnya penyamaan visi dan
misi madrasah di antara seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sebagai
fondasi utama dalam membangun budaya kerja yang profesional dan kolaboratif.
“Visi dan misi madrasah harus terus kita gaungkan agar seluruh warga madrasah memiliki arah dan komitmen yang sama dalam bekerja, melayani, dan berinovasi demi kemajuan peserta didik,” tambahnya.
Kegiatan PKKM 2025 ini dihadiri oleh Drs. H.
Alamsyah, M.Pd., selaku Ketua Tim Kurikulum Kanwil Kementerian Agama Provinsi
Lampung, bersama Prof. Dr. H. Darmadi, Ph.D., dan Siti Rohmadiyah, M.Pd.,
selaku Pengawas Pembina yang bertindak langsung sebagai tim penilai utama.
Ketua Tim Penilai, Drs. H. Alamsyah, M.Pd.,
menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan dan kinerja MAN IC Lampung Timur
dalam pelaksanaan PKKM.
“Paparan yang disampaikan menunjukkan perencanaan yang matang, pelaksanaan program yang terukur, serta adanya kesinambungan antara kebijakan, implementasi, dan hasil yang dicapai madrasah,” ungkapnya.
Sementara itu, Prof. Dr. H. Darmadi, Ph.D.,
menekankan bahwa kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran strategis dalam
menjaga mutu dan keberlanjutan prestasi lembaga.
“Kepemimpinan yang efektif akan tercermin dari budaya mutu yang hidup di madrasah. MAN IC Lampung Timur telah menunjukkan komitmen tersebut melalui tata kelola yang sistematis dan capaian prestasi yang konsisten,” jelasnya.
Senada dengan hal tersebut, Pengawas Pembina, Siti
Rohmadiyah, M.Pd., menambahkan bahwa PKKM juga menjadi wahana pembinaan
profesional bagi kepala madrasah.
“PKKM bukan semata-mata penilaian, tetapi juga ruang dialog dan pembinaan untuk memperkuat praktik kepemimpinan dan manajemen madrasah agar semakin berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran,” tuturnya.
Melalui kegiatan PKKM ini, MAN IC Lampung Timur diharapkan semakin memperkuat budaya mutu, profesionalisme, serta kepemimpinan yang visioner dan kolaboratif. PKKM 2025 menjadi momentum penting untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan sekaligus mengokohkan MAN IC Lampung Timur sebagai madrasah unggul, berprestasi, dan berorientasi pada masa depan peserta didik.
(Wid/Tim Humas)
