Lampung Timur (01/09/2025)----MIN 4 Lampung Timur melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang keempat pada tanggal 01 hingga 02 Oktober 2025. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa kelas V sebagai bagian dari program evaluasi mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pelaksanaan ANBK berlangsung di ruang kelas dimulai pukul 08.00 WIB.
Kepala MIN 4 Lampung Timur, Ahmad Husin,M.Pd. menyampaikan bahwa ANBK bukan sekadar ujian, melainkan instrumen penting untuk memetakan kualitas pembelajaran dan lingkungan sekolah. “Kami mempersiapkan siswa dengan simulasi dan pendampingan teknis agar mereka tidak hanya siap secara akademik, tetapi juga nyaman secara psikologis,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, proktor, teknisi, dan orang tua dalam mendukung kelancaran asesmen.
Kegiatan ini turut mendapat perhatian khusus dari Waka Kurikulum MIN Lampung Timur, Ubaidillah Ali, M.Pd. beliau menyampaikan apresiasi atas kesiapan teknis MIN 4 Lampung Timur. “Kami berharap MIN 4 Lampung Timur semakin besar, eksis, dan berkembang sebagaimana harapan kita bersama mengingat madrasah ini merupakan salah satu madrasah dengan Siswa terbanyak di ampung Timur.
Selama pelaksanaan, siswa mengerjakan soal literasi membaca dan survey karakter yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan pemetaan karakteristik secara nasional. Selain itu, survei lingkungan dan numerasi diikuti oleh para siswa sebagai bagian dari asesmen. Perangkat dan jaringan telah diuji sebelumnya, sehingga tidak terjadi kendala teknis yang berarti.
Suasana pelaksanaan ANBK sangat kondusif. Proktor dan teknisi madrasah sigap mendampingi siswa yang melaksanakan ANBK, memastikan koneksi internet stabil dan perangkat berfungsi optimal. Kehadiran pengawas silang dari madrasah lain turut menjamin objektivitas dan integritas pelaksanaan ANBK sesuai dengan prosedur operasional standar.
Dengan terlaksananya ANBK tahun ini MIN 4 Lampung Timur berharap dapat memperoleh data yang akurat untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan layanan pendidikan serta optimis bahwa hasil asesmen ini akan menjadi pijakan strategis dalam merancang program penguatan karakter dan peningkatan kompetensi literasi serta numerasi siswa. HK