• 29 March 2024 12:49:22

Wujudkan Tata Kelola Digital di Madrasah, Kepala, Wakakur dan Operator MTsN 1 Lampung Timur Ikuti Sosialisasi AKMI dan RDM TAHUN 2021


Lampung Timur, MTsN 1- Kepala MTsN 1 Lampung Timur, Udin, S.Ag., M.Pd.I., bersama Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Yuli Setyono, S.Pd., dan operator MTsN 1 Lampung Timur, mengikuti sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dan Raport Digital Madrasah (RDM) tahun 2021 pada Rabu (22/09) pukul 08:30 WIB melalui zoom meeting di ruang kepala MTsN 1 Lampung Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung sebagai tindak lanjut dari surat edaran tentang Aplikasi Rapor Digital Madrasah dengan nomor B-1726 /DJ.I/Dt.I.I /PP.00 /06/2021 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Sosialisasi dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif dan efisien serta mendukung digitalisasi madrasah, aplikasi RDM dan AKMI dikembangkan oleh direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Aplikasi tersebut merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang pernah digunakan madrasah, aplikasi RDM terintegrasi dengan EMIS dan E-Learning Madrasah, hal ini untuk memudahkan madrasah dalam menggunakan RDM serta mendukung kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam mewujudkan layanan data pendidikan islam melalui data tunggal EMIS.

Dalam sosialisasi, disebutkan bahwa Aplikasi RDM akan diterapkan untuk Madrasah di seluruh Indonesia mulai semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, bagi Madrasah yang telah ditunjuk sebagai tempat uji coba aplikasi RDM, maka aplikasi tersebut dapat digunakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini.

Aplikasi RDM dapat di download melalui portal: https://rdm.kemenag.go.id/. Setiap madrasah akan mendapat token aktivasi Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) dari HD Kanwil Kemenag Provinsi. Bila madrasah mengalami kendala dalam penggunaan RDM (Rapor Digital Madrasah), dapat menghubungi Tim Teknis/HD di Provinsi masing-masing dan berkonsultasi melalui menu 'Layanan Konsultasi' pada portal Rapor Digital Madrasah. 

Sedangkan AKMI atau Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia adalah penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh siswa madrasah, baik untuk jenjang MI, MTs maupun MA. AKMI menjadi asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Pelaksanaan AKMI akan dilakukan pada bulan Oktober 2021, moda pelaksanaan AKMI akan dilakukan secara online dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Hasil dari AKMI akan digunakan sebagai dasar pelaksanaan bimtek tindak lanjut perbaikan pembelajaran guru, berikut pendampingannya. (Humas)

Kantor Kementerian Agama Kebupaten Lampung Timur

Jl. Sampoerna Jaya No.05 Desa Negara Nabung Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur
Email : kablampungtimur@kemenag.go.id

Kontak Kami