• 18 May 2024 22:56:26

Akselerasi Sertifikasi Tanah Wakaf, Kepala KUA Way Bungur Eratkan Koordinasi Lintas Sektoral


Way Bungur (inmas). Demi melakukan percepatan dan Akselerasi Sertifikasi Tanah Wakaf (AKSER TAWAF) di wilayah kerjanya, Kepala KUA Kecamatan Way Bungur, H. Solihin Panji, S.Th.I., M.Sy., turun langsung dalam memvalidasi dan memastikan kelengkapan berkas sertifikasi tanah wakaf, baik  yang nanti akan disertifikasi melalui jalur mandiri dengan biaya nol rupiah (Rp. 0,-), maupun jalur program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini merupakan kerjasama antara Ditjen Bimas Islam Kemenag RI dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN. 

Pekan ketiga kerja pertamanya sebagai Kepala KUA Way Bungur yang baru menggantikan H. M. Yusuf yang dirotasi ke Kecamatan Marga Sekampung, selain melakukan validasi data bersama Penyuluh Agama Islam Fungsional, Tri Andini Cahyaningtyas, S.Th.I., Solihin Panji beserta tim yang direkrut dari PAINon PNS Kecamatan Way Bungur, juga memeriksa apakah tanah wakaf yang diusulkan sudah diinput ke aplikasi SIWAK (Sistem Informasi Wakaf) atau belum.

Menurut Solihin hal ini dilakukan sesuai  dengan kewenangannya untuk melakukan pemantauan sebagaimana yang tertuang dalam surat Dirjen Bimas Islam Kemenag RI No. B.2144/DJ.III/Set.III/1/HM.00/04/2021 tanggal 27 Juni 2021 perihal Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf Kerjasama Kementerian Agama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN.

"Tercatat ada 86 aset tanah wakaf di lingkungan KUA Kecamatan Way Bungur, dan 42 bidang di antaranya belum disertifiksi, ini bukan angka yang kecil untuk wilayah kecamatan. Kami mendorong seluruh pihak terkait untuk segera melengkapi berkas yang kurang sehingga pada saatnya dapat dilakukan sertifikasi tanah wakaf melalui berbagai program, terutama program PTSL" ungkap Solihin.

"Harapan saya sebelum akhir tahun 2021 ini, seluruh dokumen sudah lengkap dan sudah pula di input di aplikasi SIWAK" tambahnya.  

Solihin juga mengapresiasi kesigapan dan sikap pro aktif Para Kepala Desa se Kecamatan Way Bungur dan para perangkat aparatur pemerintahan desanya dalam menindaklanjuti kekurangan berkas dengan menghubungi pihak terkait. Selanjutnya kedepan didampingi para penyuluh agama Islam, Solihin akan meninjau secara langsung beberapa lokasi tanah wakaf yang akan disertifikasi.

"Dari hasil pengembangan di lapangan ternyata masih ditemukan beberapa tanah wakaf yang belum dibuat Akta Ikrar Wakafnya (AIW) dan belum dilaporkan ke KUA Way Bungur. Ini PR besar, saya harap dapat ditindaklanjuti secepatnya siapa tahu sempat dimasukkan ke daftar sertifikasi tanah wakaf" harap Solihin.

Solihin sangat berharap agenda Ditjen Bimas Islam kali ini benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ia juga berharap program ini akan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya sehingga perlahan tapi pasti seluruh aset wakaf sesegera mungkin bersertikat. *** (SPBP)

Kantor Kementerian Agama Kebupaten Lampung Timur

Jl. Sampoerna Jaya No.05 Desa Negara Nabung Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur
Email : kablampungtimur@kemenag.go.id

Kontak Kami